DAFTAR SISWA SMANCIR

User Menu

Mini radio player

shoutcast player

LAGU

There seems to be an error with the player !

Home SEJARAH SMANCIR
SEJARAH SMANCIR
SEJARAH SMANCIR PDF Print E-mail
Written by Asep Hidayat, S.Pd. M.Kom   
Monday, 02 April 2012 15:16

SMA Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang berdiri sejak tahun 1984 telah menyumbangkan berbagai macam prestasi baik akademik maupun non-akademik guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, khususnya di wilayah timur Kabupaten Serang.

Bercerita tentang sejarah SMAN 1 Ciruas, pada awal pendiriannya SMAN 1 Ciruas menumpang di SMP Negeri 1 Ciruas yang beralamat di jl. Raya Jakarta Km. 7,5 Ciruas. Namun  keadaan ini tidak berlangsung lama.  Satu tahun kemudian, SMAN 1 Ciruas, yang dahulu bernama SMAN 3 Serang memiliki gedung sendiri dengan letak yang strategis dan representative, yaitu di jl. Raya Jakarta KM.9,5, tepatnya kampung Kuaron, desa Citerep, Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Jawa Barat.

Pada awal pendirian, SMAN 1 Ciruas di pimpin oleh Bapak Sumarna Miharja, BA (alm).  bersama jajarannya Bapak Sumarna selaku Kepala sekolah terus menata dan membenahi diri untuk menjadikan SMAN 1 Ciruas menjadi sekolah yang mampu mencetak alumni menjadi manusia yang mandiri, beriman dan bertaqwa. Bapak Sumarna Miharja, BA (alm), memimpin sampai dengan tahun 1989, karena beliau dipindahtugaskan untuk memimpin SMAN 2 Serang (serang berganti nama menjadi SMAN 2 Kota Serang).

Sampai dengan usianya yang ke 28 tahun, selama berdiri SMAN 1 Ciruas sudah berganti kepala sekolah sebanyak 8 kali, dimulai dari Bapak Sumarna Miharja, BA (alm) (1984-1989), kemudian digantikan oleh Bapak Hasanuddin, BA (alm) (1989-1994), digantikan lagi oleh Drs.Nana (1994-1996).  Dua tahun kepemimpinan bapak Drs.Nana merupana titik awal eksistensi SMAN 1 Ciruas di Kabupaten serang.  merangkak perlahan prestasi demi prestasi di peroleh gemilang oleh SMAN 1 Ciruas, sampai pada akhirnya SMAN 1 Ciruas menjadi sekolah yang perlu diperhitungkan di kawasan kabupaten serang.

Tahun berikutnya SMAN 1 Ciruas dipimpin oleh Bapak Drs. Aziz Haidir, beliau memimpin sejak tahun 1996 sampai 2004. kemudian Bapak Rahyat Supriadi pada tahun 2004 sampai 2006. Kepemimpinan berikutnya adalah Bapak Deni Arif Hidayat, namun beliau tidak lama memimpin di SMAN 1 Ciruas ini, hanya 8 bulan saja.  Berselang dua bulan, datanglah Bapak Drs.Suparman Hakim (alm) untuk memimpin SMAN 1 Ciruas.  Pada masa kepemimpinan beliau, SMAN 1 Ciruas mengalami banyak perubahan yang bersifat fisik.  Kepemimpinan  yang penuh karismatik dari beliau, membuat citra SMAN 1 Ciruas menjadi sekolah yang penuh dengan keramahan dengan segudang prestasi.  Sampai akhir hayatnya, beliau terus mengabdikan dirinya untuk SMAN 1 Ciruas, dengan meninggalkan warisan yang tak ternilai.

SMAN 1 Ciruas sudah sejak dini, menanamkan kepada siswanya agar berpandangan bahwa sekolah benar – benar bisa menjadi pusat pendidikan yang mempunyai wawasan kepedulian terhadap lingkungan dan budaya. Memulai semua kegiatan tersebut melalui proses kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler serta melalui pola pengembangan diri. Agar kelak dapat melahirkan anak – anak yang cerdas dan berbudi luhur, mempunyai bekal intrepreneur serta memahami budaya adat ketimuran bangsa Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan yang tertuang dalam UUSPN No. 20 Tahun 2003.

Untuk mewujudkan sekolah yang benar – benar diminati masyarakat, Sekolah bukan saja sebagai pusat pendidikan tetapi juga mempunyai wawasan kepedulian terhadap lingkungan dan budaya. Antara pendidikan, lingkungan dan budaya ada saling keterpautan benang merah yang tidak bisa dipisahkan. Karena di dalam proses kegiatan pembelajaran terjadi proses pengenalan dan pengembangan nilai – nilai budaya yang berkaitan dengan lingkungan. Melalui pola pengembangan diri tentunya akan sangat berarti bagi peserta didik kita.

Untuk dapat mewujudkan semua program SMA Negeri 1 Ciruas tidak lepas dari dukungan Komite Sekolah yang selalu memberikan motivasi pada setiap kegiatan.

Demikian sekilas profil SMA Negeri 1 Ciruas Kab. Serang,  semoga dapat bermanfaat .

Ciruas,     Februari 2012

Kepala SMA Negeri 1 Ciruas,

 

Drs. H.SATAL MAWARDI, M.Pd

NIP. 195505031976041001

Last Updated on Tuesday, 24 April 2012 16:09
 


Facebook Like

PENGUNJUNG WEB

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday426
mod_vvisit_counterYesterday597
mod_vvisit_counterThis week5617
mod_vvisit_counterLast week3911
mod_vvisit_counterThis month9953
mod_vvisit_counterLast month12473
mod_vvisit_counterAll days290179

We have: 5 guests online
Your IP:: 54.196.196.72
 , 
Today: Apr 17, 2014
Visitors Counter



Powered by Joomla!. Designed by: joomla templates web hosting Valid XHTML and CSS.