DAFTAR SISWA SMANCIR

User Menu

Mini radio player

LAGU

There seems to be an error with the player !

Home Berita Mendikbud: Nilai UN akan Diperinci Lebih Detail
Mendikbud: Nilai UN akan Diperinci Lebih Detail PDF Print E-mail
Written by Asep Hidayat, S.Pd, M.Pd, M.Kom   
Monday, 02 March 2015 01:27

Ujian nasional 2015 akan digelar beberapa waktu mendatang. Mendikbud menyatakan nilai UN nanti akan diperinci secara detail untuk mengetahui kemampuan siswa.

Penilaian pada mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN) 2015 akan diperinci untuk mempermudah evaluasi UN oleh guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, mengatakan hasil UN tahun ini memang tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa. Namun demikian, menurutnya, penilaian akan diperinci lebih detail.

 

 

“UN nanti penilaiannya berbeda dengan yang dulu. Misalnya, jika Matematika nilainya tujuh. Besok, nilainya akan diperinci, jadi misalnya trigonometri dapat nilai 7, lalu algoritma dapat berapa dan seterusnya,” papar Anies saat menjadi pemateri dalam Dialog Pendidikan dalam Rangka Ulang Tahun SMAN 1 Solo ke-65 di aula sekolah setempat, Kamis (26/2/2015) lalu.

Anies mengatakan perincian tersebut akan diletakkan pada lembar tambahan nilai. Nantinya, lembaran tersebut diberikan kepada guru sebagai bahan evaluasi atas UN yang diikuti oleh siswa.

Diharapkan, ke depan guru bisa mengetahui kelemahan siswa dan memperbaikinya pada tahun mendatang.

Menurut dia, langkah yang dilakukan tersebut dilakukan agar masyarakat mampu mengubah cara pandang UN.

“Cara melihat UN ini harus diubah. Dahulu kita memandang ujian atas proses belajar, sekarang sebagai proses belajar. Karena itulah tahun ini tidak menjadi syarat kelulusan siswa. Tetapi hasilnya nanti lebih detail sehingga bisa dipakai untuk menilai proses pendidikan di sekolah,” tandasnya.

Dia juga ingin agar UN tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi siswa. Dengan demikian, siswa bisa mengerjakan UN dengan maksimal tanpa harus takut tidak lulus.

Hingga saat ini Prosedur Operasi Standar (POS) UN 2015 belum kunjung turun. Menurutnya, POS UN belum bisa diterbitkan karena masih menunggu turunnya peraturan pemerintah yang baru.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Etty Retnowati, mengatakan selama POS UN 2015 belum turun, sekolah di Solo masih berpedoman pada POS UN 2014. Menurutnya, semua sekolah di Solo sudah mempersiapkan hal tersebut.

Last Updated on Monday, 02 March 2015 01:30
 

Facebook Like




Powered by Joomla!. Designed by: joomla templates web hosting Valid XHTML and CSS.