DAFTAR SISWA SMANCIR

User Menu

Mini radio player

LAGU

There seems to be an error with the player !

Home Berita HARI INI TAHAPAN SNM PTN 2013 DIMULAI
HARI INI TAHAPAN SNM PTN 2013 DIMULAI PDF Print E-mail
Written by Asep Hidayat, S.Pd, M.Pd, M.Kom   
Monday, 17 December 2012 21:53

HARI INI TAHAPAN SNM PTN 2013 DIMULAI

SEKOLAH DIMINTA MENGISI PDSS DI AWAL

Secara resmi tahapan ujian nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2013 dimulai hari ini (17/12). Pada tahap pertama ini, seluruh SMA/sederajat diinstruksikan mengisi data sekolah dan rapor siswa di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) secara tertib dan tepat waktu.

Sekretaris Umum (Sekum) pantia pusat SNM PTN 2013 Rochmat Wahab tadi malam menuturkan, pengisian PDSS kali ini adalah yang pertama kali dalam sejarah seleksi masuk kampus negeri. Tapi dia meminta kepala sekolah tidak perlu khawatir atau terganggu atas ketentuan ini.

 

 

"Mereka harus sadar jika pengisian di PDSS ini adalah kewajiban. Karena menjadi dasar supaya siswanya bisa masuk SNM PTN tahun depan," urai pria yang juga rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu.

Rochmat mengatakan pihak sekolah tidak boleh meremehkan pengisian data siswa di PDSS. Proses pengisian ini dibuka mulai hari ini hingga 8 Februari tahun depan. Rochmat mewanti-wanti supaya pihak sekolah tidak menunda-nunda pengisian PDSS ini.

"Jangan diundur-undur. Kalau perlu dilembur untuk sekolah yang siswanya banyak," jelas guru besar bidang pendidikan anak berbakat itu. Rochmat meminta para sekolah tertib mengisi data di PDSS pada awal-awal masa pendaftaran.

Jangan sampai terjadi penumpukan pengisian PDSS ini di masa-masa menjelang penutupan. Sebab rentan ada gangguan server PDSS dan merugikan siswa yang ingin mengikuti SNM PTN 2013.

Menurut Rochmat, pihak sekolah tidak perlu bingung dalam memasukkan data siswa di PDSS ini. Dia mengatakan seluruh sekolah sebaiknya memasukkan data seluruh siswa, khususnya yang sekarang kelas XII. "Jangan mendata dulu siswa-siswa yang ingin kuliah. Itu kelamaan," tandasnya.

Dia mengatakan jika data siswa yang masuk di PDSS ini tidak otomatis harus ikut SNM PTN 2013. Para siswa yang datanya masuk di PDSS ini tetap memiliki hak untuk memilih akan masuk ke PTN melalui SNM PTN atau yang lainnya. "Atau bahkan langsung bekerja, itu kan hak siswa," tutur Rochmat.

Persoalan lainnya bagaimana jika ada sekolah yang belum tersambung internet? Rochmat meminta urusan ini tidak perlu dibesar-besarkan. Setiap sekolah akan diberikan PIN khusus untuk masuk dalam PDSS. Nah, dengan PIN ini sekolah bisa mengakses PDSS dari warung internet (warnet) umum.

Jika tidak ada warnet umum, perwakilan sekolah bisa mengakses PDSS di dinas pendidikan setempat. "Atau bisa juga mengisi di kantor pemkab yang rata-rata sudah ada jaringan internetnya," jelas Rochmat.

Tahap SNM PTN 2013 setelah pengisian PDSS adalah pendaftaran. Nah, pada tahap ini setiap siswa yang ingin masuk ke PTN berhak memilik kampus negeri di seluruh Indonesia. Tahap pendaftaran ini dimulai sejak 1 Februari hingga 8 Maret tahun depan.

Dia memperkirakan pendaftar SNM PTN 2013 mencapai 2 juta siswa. "Kami sudah siapkan infrastruktur pangkalan data yang baik," pungkas dia.

SUMBER : http://www.jpnn.com/read/2012/12/17/150752/Sekolah-Diminta-Mengisi-PDSS-Diawal

Last Updated on Monday, 17 December 2012 22:03
 

Facebook Like




Powered by Joomla!. Designed by: joomla templates web hosting Valid XHTML and CSS.