DAFTAR SISWA SMANCIR

User Menu

Mini radio player

LAGU

There seems to be an error with the player !

Home Berita SOSOK MINGGU INI BIOGRAFI SUBIANTORO
SOSOK MINGGU INI BIOGRAFI SUBIANTORO PDF Print E-mail
Written by Asep Hidayat, S.Pd, M.Pd, M.Kom   
Monday, 17 September 2012 11:38

PERAIH EMAS OLIMPIADE FISIKA TINGKAT PROVINSI BANTEN

Subiantoro lahir di Serang pada tanggal 26 November 1994. Terlahir dari seorang ibu yang bernama Supsiyah dan ayahnya yang bernama Suba’i. Subi, biasa teman-teman memanggil dirinya, berasal dari keluarga yang sederhana dengan penghasilan orang tua yang minim sekali.  Ia tinggal di kampung Simangu Rt.05 Rw 02 desa Pager Agung Kecamatan Walantaka Kota Serang-Banten.

Subiantoro adalah salah satu potret anak Indonesia yang berhasil dengan keterbatasan yang ia miliki.  Anak ke 5 dari 6 bersaudara ini, termasuk anak yang beruntung dalam keluarganya. Ia satu-satunya anak dalam keluarga bapak Suba’i yang mampu bersekolah sampai dengan SMA.  Pendidikan dasar, ia jalani di SD Nengeri Simangu. Prestasi akademik ia torehkan semenjak SD dengan menjadi lulusan terbaik ke dua sekabupaten Serang.  Prestasi inilah yang akhirnya mengantarkan ia untuk terus bersekolah ke jenjang sekolah menengah pertama.

Semasa bersekolah di SMP Negeri 8 Kota Serang, banyak sekali prestasi akademik yang ia peroleh.  Dibawah bimbingan guru-guru yang menyayanginya, ia terus maju melesat.  Dimulai dengan menjadi juara II OSN tingkat Kota Serang pada bidang studi Fisika.  Disusul dengan prestasi sebagai 10 besar cerdas cermat MIPA se-banten.  Dan dipenghujung masa studinya ia terlahir menjadi lulusan terbaik di SMP Negeri 8 Kota Serang.

Menjadi lulusan terbaik di sekolahnya ternyata menjadi ke”galau”an tersendiri baginya.  Dalam hati nuraninya, ia ingin sekali bersekolah di SMA yang terbaik di Kabupaten Serang.  Namun, apalah daya dengan keterbatasan yang orang tua miliki, mimpi subiantoro sempat terhenti.  Sampai pada akhirnya, dengan dorongan dan dukungan Guru pembimbing semasa di SMP nya, ia diperkenalkan kepada salah satu LSM yang bergerak dibidang pendidikan.  Dan kemudian, LSM tersebut menitipkan Subi untuk bersekolah di SMA Negeri 1 Ciruas.  Kini mimpi itu menjadi indah, dan inilah awal dari kesuksesannya.

 

Dengan semangat dan do’a kedua orang tua, ia melangkah mengayuh sepeda menuju SMAN 1 Ciruas tercinta. Setiap hari, “si kumbanglah” yang setia menemaninya berangkat ke sekolah sampai hari ini. Si kumbang ia peroleh dari para dermawan yang bersimpati kepadanya.  Dalam hidupnya ia selalu bergumam “bersyukur” dengan apa yang telah ia peroleh dari orang-orang yang mengasihinya, dari orang-orang yang selalu memperhatikannya, dan dari segala rasa ni’mat yang selalu ia peroleh.  Dalam benaknya, “entah balasan apa yang harus aku berikan kepada mereka ya Allah?”

Di SMAN 1 Ciruas, ia bukanlah orang nomor 1 dalam bidang akademik.  Setiap semesternya ia selalu bersaing bersama Upik dan Haris teman seperjuangannya.  Secara paralel ia hanya menempati uruta ke 3.  Tetapi di tim olimpiade, subi merupakan anak dengan prestasi gemilang.

Dibawah bimbingan guru tim Olimpiade ia bersama dengan rekan-rekannya dibina, dibimbing dan “dimatangkan” berdasarkan bidang-bidang scient yang ditekuninya.  Awalnya subiantoro di tempatkan pada bidang studi Biologi.  Tahun 2011, Ia memperoleh juara 2 OSN tingkat Kabupaten pada bidang studi Biologi.  Suatu hari ia pernah bercerita kepada penulis bahwa sesungguhnya biologi bukanlah bidang studi yang ia senangi, ia lebih menyukai fisika.  Tetapi karena rasa kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan, apapun akan ia pelajari dengan sungguh-sungguh. Ditahun depan ia ingin sekali menjadi perwakilan pada bidang Fisika yang menjadi pelajaran favoritnya.  Akhirnya, ditahun 2012, ia memperoleh kesempatan untuk mewakili bidang studi fisika di ajang OSN tingkat Kabupaten.  Berkat kerja keras dan kecintaannya terhadap Fisika, ia mampu melahirkan satu emas bagi SMAN 1 Ciruas.  Ia menjadi juara 1 OSN fisika tingkat Kabupaten, yang akan mengantarkannya pada ajang OSN tingkat Provinsi.

Dari ....... orang siswa yang dikirim oleh SMAN 1 Ciruas untuk mengikuti ajang OSN tingkat provinsi, hanya Subiantorolah yang berhasil menembus menjadi peraih medali emas ditingkat provinsi. Di tingkat provinsi Ia bersaing bersama beberapa sekolah ternama yang katanya bonafit di daerah Tanggerang.  Anak sederhana dari kampung simangu, mampu menembuh olimpiade tingkat provinsi dan mendapatkan “golden tiket” untuk mengikuti penyeleksian tingkat nasional di Jakarta.

“Kemenangan ini merupakan anugrah terindah dari-Mu Tuhan .....  Dengan langkah gemetar, dan hati yang tak tenang, campur aduk rasanya.... “ dengan antusias ia menceritakan.

Seluruh keluarga bersyukur.... seluruh guru-guru mendukung... berbagai persiapan... dilakukan mulai dari pemantaman materi sampai dengan pemantapan hati.  Menurut ceritanya, keberangkatan Ini pertama kalinya ia menginjak tanah jakarta selama 18 tahun ia hidup.  Sungguh Amazing rasanya...

Bangga rasanya memiliki putra daerah yang penuh dengan keterbatasan finansial, tetapi memiliki prestasi yang mengharumkan sekolah.  Ia lah satu-satunya putra serang yang mampu menorehkan sejarah bisa mengikuti seleksi olimpiade hingga tingkat nasional.  Tanpa pamrih dan berhitung, kami dewan guru berdoa dan mendukung keberangkatannya.  Segala persiapan kami lakukan.  Segala kebutuhan kami berikan.  Karena kami memahami apa yang ia takutkan.  Kami ingin subiantoro, anak kami terlihat sama modisnya dengan anak kota yang perlente.

Sungguh haru melihat ia begitu tertegun ketika kami memberikan sebuah bingkisan besar berisikan segala kebutuhannya.  Mulai dari sepatu, baju sekolah, baju santai, handuk, perlengkapan pribadi, sampai dengan perlengkapan mandi kami siapkan.

Kini kau telah kembali dengan membawa kebahagiaan.  Bukan hanya medali semata yang kami inginkan.  Yang kami mau adalah semangat untuk terus maju. Kesedihan yang kau tampakkan janganlah membuat hatimu menjadi gentar mengubur masa depan.  Itu semua hanyalah kompetisi dan seleksi.  Perjuanganmu lebih berharga dibandingkan dengan apapun.  Jangan takut! Jangan bersedih! Jangan berkecil hati !

Chayoo!!!!!

Teruslah berjuang............... !!

Wujudkan mimpimu di negeri Ganesa

Karena kebanggaan bagi kami adalah melihatmu meraih mimpi !!

 

Last Updated on Thursday, 03 January 2013 04:33
 

Facebook Like




Powered by Joomla!. Designed by: joomla templates web hosting Valid XHTML and CSS.