DAFTAR SISWA SMANCIR

User Menu

Mini radio player

LAGU

There seems to be an error with the player !

Home Berita Ujian Penghabisan
Ujian Penghabisan PDF Print E-mail
Written by Asep Hidayat, S.Pd, M.Pd, M.Kom   
Wednesday, 02 May 2012 23:28

Mata Najwa (MetroTV)

video1

Meski mendapat penolakan dari berbagai pihak, Ujian Nasional (UN) baik tingkat SMA maupun SMP kembali digelar. Tahun ini perhelatan UN kembali marak dengan laporan kecurangan dan kebocoran soal. Lebih dari 800 laporan masuk ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang sebagian besar berisi aduan kebocoran dan kecurangan.

Namun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh bersikeras tak terjadi kebocoran dalam UN tahun ini. Bahkan, M. Nuh berkeras UN telah berhasil meningkatkan semangat belajar siswa, sehingga tahun depan akan dijadikan sebagai “paspor” untuk masuk perguruan tinggi negeri.

 


Tepat peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Mata Najwa mengangkat tema kontroversi UN dalam episode “Ujian Penghabisan". Episode ini dibuka dengan kesaksian seorang mantan siswa atau peserta UN tahun 2008. Mantan siswa ini bercerita bagaimana ia mendapatkan kunci jawaban dan kemudian membaginya bersama teman-temannya. Juga cerita bagaimana pihak sekolah mengetahuinya, bahkan membantu agar kecurangan tidak terlihat jelas oleh pengawas.

Cerita serupa juga dikisahkan Retno Listyati, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Dari laporan yang diterima FSGI dari sejumlah guru yang menjadi pengawas di berbagai daerah di Indonesia, kecurangan dan kebocoran terjadi baik sebelum maupun sesudah UN berlangsung.

Namun, tetap saja Menteri M. Nuh bersikukuh tidak ada kebocoran soal dalam UN 2012. Mendikbud bahkan menantang, agar yang mempunyai data kebocoran untuk segera dilaporkan. “Akan kami lindungi identitasnya. Bahkan kalau perlu kami beri penghargaan,” tegas M. Nuh di studio Mata Najwa.

 

sumber tulisan :http://www.metrotvnews.com/read/newsprograms/2012/05/02/12424/308/Ujian-Penghabisan

Last Updated on Thursday, 03 May 2012 20:20
 

Facebook Like




Powered by Joomla!. Designed by: joomla templates web hosting Valid XHTML and CSS.